Mini Course Financial Report“A Practical Guide to Present Financial Reports Effectively” 2024

Screenshot_20240330_090543_Teams

Divisi Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan a.k.a Startup and Business Incubator (SEBI) mengadakan Mini Course Financial Report bertema “A Practical Guide to Present Financial Reports Effectively” yang diadakan secara daring melalui Microsoft Teams pada hari Sabtu, 30 Maret 2024.

 

Acara ini dibuka oleh Indi Dwi Lutfitriani (Business Mentor of SEBI) dengan menghadirkan seorang pemateri yaitu Aulia Achmad Ma’rufianto, S.E. (General Finance Officer of SEBI). Kegiatan Mini Course dihadiri oleh 30 orang mahasiswa inkubasi bisnis Vessel Program 2024.

Mini course ini diadakan bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai penyusunan laporan keuangan secara teori dan praktik. Karena laporan keuangan dibutuhkan untuk mengidentifikasi alasan kognitif (mis: emosional, social, dan psikologi) dibalik keputusan keuangan.

 

“Keuangan itu kaitannya dengan manajemen, penciptaan atau studi tentang uang dan investasi yang bisa digunakan baik untuk publik, usaha, maupun pribadi. Namun dalam mengelola keuangan perlu prinsip seperti transparansi, akuntabilitas, dan pengelolaan” ujarnya.

Keuangan juga bermanfaat membantu mengembangkan bisnis secara efektif dan efisien; arus kas usaha lebih stabil; antisipasi kegagalan dalam bisnis; mengetahui kondisi untung/rugi usaha; serta mendapatkan kepercayaan investor. (ysc)

Proses Pengelolaan Keuangan

  1. Menyusun Tujuan Perusahaan Kedepan.

Seorang pebisnis wajib merancang tujuan yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan agar keuangan yang didapatkan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan

  1. Menyusun Perencanaan Keuangan Usaha

Seorang pebisnis wajib menyusun rancangan keuangan sesuai dengan kebutuhan baik kebutuhan untuk riset & development, pemasaran, produksi, legalitas, dan penunjang lainnya.

  1. Melaksanakan Perencanaan Keuangan

Seorang pebinis wajib melaksanakan dan membeli kebutuhan sesuai dengan rancangan anggaran agar keuangan perusahaan dapat terkontrol.

  1. Melakukan Review dan Tinjauan secara Berkala

Seorang pebinis wajib meninjau keuangan masuk dan keluar secara berkala agar mengetahui apakah adanya sisa anggaran, produksi untuk profit, ataupun lainnya.

  1. Mengevaluasi Kondisi Keuangan Saat Ini

Seorang pebinis mengevaluasi kondisi keuangan yang sudah dikeluarkan saat ini serta meninjau kembali apakah perlu peningkatan produksi untuk profit atau tidak.

Tips Pengelolaan Keuangan Usaha Yang Tepat

  1. Memisahkan uang pribadi dan uang usaha
  2. Menganggarkan pengeluaran
  3. Mencatat semua transaksi
  4. Mengontrol & mengawasi arus kas dan laporan keuangan
  5. Menyiapkan dana darurat dan cadangan
Event Terdekat
Post Terbaru

Monitoring dan Evaluasi II Peserta…

Mini Course Financial Report“A Practical…

Open chat
1
Sebi UMY
Hello?
Ada ide apa hari ini?