Mini Course Business Legality “Legal Roadmap for Business Growth: Understanding NIB Requirements and Sector Specific Regulations”

20240304_111338x

Tentunya, tanpa menaati aturan yang berlaku dan tanpa adanya legalitas yang jelas, operasional perusahaan dapat terhambat, dan berujung pada penghentian aktivitas. Hal ini dapat dicegah dengan membuat legalitas dasar dalam bisnis.

Divisi Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan a.k.a Startup and Business Incubator (SEBI) mengadakan Mini Course Business Legality bertema “Legal Roadmap for Business Growth: Understanding NIB Requirements and Sector Specific Regulations” yang diadakan secara luring di Ruang Sidang Utama Gedung AR Fachruddin A Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada Senin, 4 Maret 2024.

Acara ini dibuka oleh Indi Dwi Lutfitriani (Business Mentor of SEBI) dengan menghadirkan seorang pemateri yaitu Yossica Ariatami Edwina, S.H. (Legal Advisor of SEBI). Pada sesi pembukaan acara, Indi mengarahkan peserta untuk melakukan ice breaking dengan tujuan menumbuhkan ambience mini course lebih hangat.

Sesi Ice Breaking Mini Couse Business Legality 2024

Pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB)

Dokumen NIB merupakan bukti pendaftaran online yang diterbitkan melalui sistem Online Single Submission (OSS). Sistem OSS diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 sehingga menjadi sistem yang sah untuk menerbitkan dokumen perizinan usaha. Dokumen NIB adalah standar perizinan berusaha dan legalitas untuk memulai bisnis dan berbentuk nomor acak yang diberikan kepada pelaku usaha perorangan atau badan hukum dengan kode bidang usaha sesuai KBLI.

Dikarenakan pentingnya legalitas, dalam kesempatan Mini Course Business Legality, mahasiswa berwirausaha didampingi dan dipandu langsung oleh Yossica Ariatami Edwina dalam proses pengajuan NIB di sistem OSS.

Mahasiswa diarahkan untuk membuka sistem OSS (https://oss.go.id/) dan mendaftarkan diri di bagian pendaftaran. Dokumen yang disiapkan adalah KTP, NPWP, dan kode KBLI. Pada proses pengajuan, mahasiswa akan melewati 4 (empat) tahap yaitu pendaftaran, skala usaha, verifikasi data, pembuatan kata sandi, dan pengisian profil pelaku usaha. Selanjutnya, mahasiswa diarahkan untuk mengisi data diri, profil bisnis dan pelaku usaha, lalu verifikasi. Setelah melewati proses tahapan tersebut, akan langsung terbit & dapat mengunduh dokumen NIB di sistem OSS.

 

Tips Kepengurusan Legalitas Bisnis

Menurut Yossica, ada 5 tips dalam kepengurusan legalitas bisnis, antara lain:

  1. Cek kebutuhan legalitas sesuai skala bisnis!
  2. Sesuaikan kebutuhan legalitas dengan model bisnis!
  3. Ketahui tanggung jawab hukum yang mengurus legalitas seperti pendiri, pengurus, atau suami isteri!
  4. Ketahui kewajiban Wajib Pajak (WP) terhadap pajak formal dan materiil.
  5. Perhatikan bonafiditas legalitas berbanding dengan branding dan kerjasama yang dijalankan oleh bisnis!
Foto Bersama Mini Course Business Legality 2024
Event Terdekat
Post Terbaru

Monitoring dan Evaluasi II Peserta…

Mini Course Financial Report“A Practical…

Open chat
1
Sebi UMY
Hello?
Ada ide apa hari ini?