Startup Weekend Indonesia x UMY

22 Oktober 2020, oleh: superadmin

Startup Weekend merupakan acara 54 jam untuk membangun startup yang dirancang untuk memberikan pendidikan serta pengalaman yang unggul bagi wirausahawan dalam hal  teknis maupun non-teknis. Dimulai dengan pitching pada hari Jum’at, acara berlanjut melalui brainstorming, pengembangan rencana bisnis, dan pembuatan prototipe dasar, yang berpuncak pada demo dan presentasi pada hari Minggu.

Kegiatan Startup Weekend Indonesia Next Gen yang diikuti oleh ribuan orang lebih dari 30 Universitas dan lebih dari 30 acara individu selama bulan September – Oktober 2020, selama 54 jam membentuk dan mewujudkan ide Startup yang didampingi oleh mentor – mentor terbaik di Indonesia.

Student Entrepreneur and Business Icubator (SEBI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang pada tahun 2020 ini berkesempatan untuk dapat ikut bergabung dalam kegiatan Startup Weekend Indonesia Next Gen ini mengawali kegiatan pada hari Jum’at, 16 Oktober 2020 dan diakhiri pada hari Minggu, 18 Oktober 2020. Kegiatan ini dimulai dari pembukaan. Sesi pembukaan oleh fasilitator dan memperkenalkan peserta dengan program Startup Weekend. Selanjutnya pembentukan tim dan presentasi ide dari peserta. Hari pertama ditutup dengan workshop Business Model Canvas oleh Aziz Setyawijaya CEO Usaha Desa. Hari kedua dimulai dari sesi pembicara Workshop Market Validation oleh Andromeda Sindoro. Selanjutnya, Workshop Impactful Startup oleh Andhika Mahardika CEO Agradaya. Hari kedua ditutup dengan Workshop Pitching oleh Sebastian Alex D. Head Innovative Academy, serta ada beberapa sesi mentoring dan pembentukan startup, serta hari ketiga dilakukan pelatihan presentasi dan pitching kepada dewan juri.

Hari ketiga kegiatan Startup Weekend Indonesia Next Gen dari 75 peserta yang mendaftar didapatkan 5 start up yang dapat melakukan pithcing. 5 startup tersebut didaptkan 3 terbaik yang dinobatkan menjadi juara, yaitu  Juara 1. Bee Ok yang diketuai Kristi Juswati dari prodi Agribisnis. Runner Up, Wesclic yang diketuai Alif Fatullahdari prodi Teknik Elektro. Yang terakhir 2nd Runner Up yaitu IOR yang diketuai oleh Muhammad Nur Maulana dari prodi Teknik Elektro. Selanjutnya 3 Startup terbaik tersebut akan mendapatkan mentoring selama 3 bulan dan juara pertama akan melaju ke tahap penilaian Nasional perwakilan dari UMY.