Direktorat Kemahasiswaan dan Karir Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melalui Startup and Business Incubator (SEBI) menggelar kegiatan “Workshop Social Media Branding” dengan tema “Bold Brands Begin Here: Identity, Content & Strategy” pada Selasa, 29 April 2025 bertempat di Ruang Sidang Utama Gd. AR Fachruddin A Lantai 5 Kampus Terpadu UMY.
Acara dibuka oleh Amalia Aqilatun Nafisah sebagai Master of Cermemony serta dihadiri dan disampaikan oleh Public Relations and Social Media Spesialist SEBI UMY Yossica Ariatami Edwina, S.H. yang memiliki pengalaman pengelolaan media sosial dengan prinsip desain grafis.
Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 50 peserta inkubasi bisnis Vessel Program dari berbagai fakultas dan program studi di UMY. Tujuannya, UMY mendukung mahasiswa yang ingin mengembangkan usaha berbasis inovasi dan pengembangan ide bisnis.



Social Media Branding
Menurut Yossica, social media dalam bisnis adalah penggunaan platform media sosial untuk meningkatkan visibilitas, membangun hubungan dengan pelanggan, mempromosikan produk atau layanan, serta memperkuat merek.
Bagi usaha rintisan (startup), media sosial adalah salah satu alat yang sangat efektif untuk mencapai tujuan bisnis, terutama karena biaya pemasaran yang lebih rendah dan kemampuan untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
Branding merupakan proses menciptakan identitas yang unik untuk sebuah produk, layanan, atau perusahaan mencakup elemen visual, suara, dan persepsi yang dibangun di mata audiens.
Oleh karena itu, menurut Yossica, social media branding adalah penggunaan platform media sosial untuk meningkatkan visibilitas, membangun hubungan dengan pelanggan, mempromosikan produk atau layanan, serta memperkuat merek demi mencapai tujuan bisnis dengan menciptakan identitas yang unik untuk sebuah produk, layanan, atau perusahaan mencakup elemen visual, suara, dan persepsi yang dibangun di mata audiens.
Social media branding bisa dioptimasi dengan prinsip brand identity yaitu menggunakan elemen visual, suara, dan karakter yang membuat sebuah brand terlihat, terasa, dan terdengar beda dari yang lain. (ysc)

