Divisi Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan atau yang dikenal Startup and Business Incubator (SEBI) memberikan kesempatan bagi mahasiswa wirausaha mengikuti Workshop Series #4 Business Pitching, yang diadakan secara luring di Ruang Kelas 309 Gedung Pascasarjana “Kasman Singodimedjo” Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada hari Senin, 12 Agustus 2024.
Workshop ini menghadirkan dua orang pemateri yaitu Indi Dwi Lutfitriani (Business Mentor of SEBI) dan Yossica Ariatami Edwina (Public Relation and Social Media Specialist of SEBI).
Kegiatan bertajuk “Elevate Your Pitch: Telling your Story with Impact” berlangsung secara offline serta diikuti sekitar 50 mahasiswa wirausaha yang lolos pendanaan pada program pendanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek).
Indi Dwi Lutfitriani menyampaikan tentang teknik pitching dalam bisnis perlu memperhatikan 12 topik/elemen pitching yaitu cover, visi & misi, problem, solution, market size, competitor analysis, business model, product, team, financial, dan executive summary.

TIPS PITCHING
Dalam pitching, terdapat 3 tips pitching:
- Know Your Strong Point
Tiap startup punya jalan cerita masing-masing. Peserta jangan terpaku pada template, tetapi fokus dengan kemajuan bisnisnya dengan simple dan understandable.
- Clear Call to Action
Ajakan yang diinginkan oleh presenter atau pemilik bisnis seperti mengajak untuk pendanaan, kemitraan, penjualan, feedback, atau kesepakatan
- Attitude and Professionalisme
Presenter dapat fokus memberikan materi dengan memperhatikan 7 hal ini:
- Mengatasi kegugupan dengan mengatur nafas dan menerima ketidaksempurnaan
- Kejelasan penyampaikan gestur dengan memberikan positive vibes di 30 detik opening dan closing.
- Attitude dan professionalime dengan outfit yang sesuai bisnis serta smily face.
- Manajemen waktu
- Visual presentasi
- Latihan dan feedback

VISUAL STORYTELLING DENGAN PITCH DECK
Menurut Yossica, mengapa setiap pitch deck memiliki masalah slide karena presenter tidak dapat mendeskripsikan aspek dengan cara yang tidak dipahami oleh siapapun. Sehingga solusinya menggunakan gaya font jelas, grafik resolusi tinggi, dan jaga desainnya tetap sederhana. (ysc)
Umumnya, ada 9 topik utama presentasi:
- Cover
Buatlah tampilan yang merepresentasikan profil bisnis dengan logo, logo-foto produk, atau logo-foto produk-contact. Tetaplah konsisten dan buatlah lebih representative dengan color pallete.
- Executive Summary
Buatlah 1 paragraf dengan kalimat pasif dan profesional. Hindari kalimat aktif yang membuat teks lebih panjang. Gunakan logo, slogan, tagline, dan foto produk berkualitas tinggi.
- Problem
Gambarkan problem dengan proporsi nilai produk Anda. Pada slide ini bisa memperkenalkan bisnis anda apakah menyelesaikan masalah, memperkenalkan perilaku baru, atau memanfaatkan peluang pasar.
- Solution = Product
Gambarkan produk dengan hasil menjawab permasalahan. Dalam bisnis umumnya menjelaskan suatu produk. Pada bagian ini tonjolkan nilai bisnis, demonstrasikan produkmu, dan tampilkan hasil validasi produk.
- Market dan Marketing (Mix, Instrument, Strategy)
Fokus pada profil pelanggan ideal (ICP) untuk bisnis seperti market analysis, market size, intrument, strategy. Tentukan posisi produk, cara pemasaran, dan target konsumen. Gunakan analisis 7P, positioning map dengan narasi, analisis kompetitor (market share), dan market analysis.
- Operational
Fokus pada alur kegiatan produksi & legal, fasilitas yang dibutuhkan, supply chain management, kapasitas produksi, kebutuhan tenaga kerja, dan quality assurance. Gunakan bagan alir dan tonjolkan kemitraan disetiap tahapannya.
- Financial Report
Fokus menyampaikan hasil proyeksi penjualan, proyeksi laba rugi, proyeksi neraca, laporan arus kas, kebutuhan pendanaan, financial ratio analysis analisis NPV/IRR/Payback Periode, Break Even Point. Gunakan hasil olah data seperti angka, grafik, atau pie chart.
- Call to Action
Sampaikan apa yang diharapkan dari presentasi yang sudah dilakukan.
- Team & Road Map
Ceritakan struktur organisasi (min. bagan operasional, marketing, keuangan) dan masing-masing background, kompetensi, dan pengalaman. Gunakan profesional foto yang representatif!
- Business Road Map
Berikan rencana pengembangan perusahaan untuk jangka pendek dan jangka panjang. Gambarkan langkah-langkah yang akan diambil untuk mencapai tujuan bisnis proyek kita. Gunakan SMART Methode dan buatlah dengan jelas!


