Workshop Series #1 Marketing & Branding 2024 dengan Tema “Branding Building: Creating a Strong and Lasting Brand Identity”

IMG_0026

Bisnis akan selalu berjalan dinamis. Startup akan dihadapkan untuk memiliki produk (barang & jasa) yang mempunyai citra baik dan menjadi pilihan konsumen.

Divisi Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan atau yang dikenal Startup and Business Incubator (SEBI) memberikan kesempatan bagi mahasiswa wirausaha mengikuti Workshop Series #1 Marketing & Branding, yang diadakan Ruang Sidang Utama Gedung AR Fachruddin A Lantai 5 Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada hari Sabtu, 15 Juni 2024.

Workshop ini menghadirkan seorang pemateri yaitu Meika Hazim, S.E., M.B.A. (Owner dan CEO nDalem Indonesia) dan diadakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman terkait brand awareness, strategi pemasaran, kampanye bisnis & produk, serta tren pemasaran saat ini.

Kegiatan bertajuk “Branding Building: Creating a Strong and Lasting Brand Identity” berlangsung secara offline serta diikuti sekitar 60 mahasiswa wirausaha yang lolos pendanaan pada program pendanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek).

Menurut Meika, pemasaran itu harus memperhatikan 2 hal yaitu Marketing Mix dan PDB (positioning, differentiation, brand) Concept.

Perbedaan Marketing Mix & PDB Concept

Marketing Mix adalah campuran elemen marketing dan variable untuk membangun target market yang diliat berdasarkan potensi, produk, price/distribution, dan promosi.

Sedangkan, PDB Concept merupakan konsep pemasaran yang membantu perusahaan untuk membedakan produk dan jasa mereka dari pesaing, kemudian membangun citra merek yang kuat di benak konsumen. Konsep tersebut terdiri dari (1) Positioning, sebagai strategi meraih brand integrity; (2) Differentiation sebagai core tactic meraih brand image; dan (3) Brand sebagai value indicator untuk meraih brand identity.

Workshop ini diharapkan memberikan manfaat bagi startup mahasiswa untuk membangun brand awareness dengan marketing mix dan konsep PDB lalu diimplementasikan pada bisnis masing-masing saat melakukan pemasaran dan menciptakan citra merek. (ysc)

Event Terdekat
Post Terbaru

Entrepreneurship Awards IX 2025

🚀 XenConnect Indonesia: VC-Founder Speed…

Pengumuman 12 Tim Lolos Seleksi…