Program Wirausaha Belia: UMY Bersinergi Untuk Mencetak Wirausahawan Belia bersama 8 Perguruan Tinggi di DI Yogyakarta

20231228_125418_001x

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) hadir sebagai pilihan terbaik bagi generasi muda dalam menempuh pendidikan dan meningkatkan kemampuan non-akademik.

Dengan menawarkan program inovatif, UMY tidak hanya menawarkan lebih dari sekedar gelar akademis, akan tetapi membuka pintu peluang kemandirian ekonomi mahasiswa pasca selesai pendidikan akademis.

Pada hari Kamis, 28 Desember 2023, bertempat di Kantor Pusat Bank Pembangunan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Bank BPD DIY) dilaksanakan “Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pengembangan Usaha dan Pendampingan Kewirausahaan bagi Wirausaha Belia”.

Acara tersebut dihadiri oleh Santoso Rohmad (Direktur Utama Bank BPD DIY), Raden Agus Trimurjanto (Direktur Pemasaran dan Usaha Syariah), Hudan Mulyawan (Direktur Umum), Dian Ari Ani (Direktur Kepatuhan), Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A. (Kepala Dinas Koperasi & UKM D.I.Yogyakarta), Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D. (Kepala LLDikti wilayah V), dan segenap Pimpinan Perguruan Tinggi di DI Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Santoso Rohmad menyampaikan bahwa DIY tumbuh berkembang karena pariwisata, kesehatan, budaya, dan perguruan tinggi. Tingginya masyarakat dan mobilitas tersebut, diperlukannya penunjang pariwisata dan usaha. Sebagai bank milik daerah khusus DIY, Bank BPD DIY memiliki tanggung jawab untuk menumbuhkan wirausahawan belia khususnya dari tingkat Mahasiswa.

Selain itu, Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A. dalam sambutannya menyampaikan bahwa sinergi kolaborasi mencetak wirausahawan belia dilakukan untuk mencapai rasio kewirausahawan, jumlah wirausahawan, dan kompetensi koperasi dan UKM di DIY. Disisi lain, dalam penumbuhan wirausaha baru menjadi komitmen Dinas Koperasi dan UKM DIY berdasarkan model “penta helix”. Rasio tersebut dapat dicapai dengan menggandeng komunitas, pelaku usaha, media massa, perbankan, masyarakat, dan perguruan tinggi.

Tentunya, perlu peningkatan dalam berbagai aspek seperti Sumber Daya Manusia, Produktivitas, Kelembagaan, Tata Kelola Manajemen, dan Pasar.

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan fasilitasi KUR dan QRIS kepada wirausaha muda. Penyerahan dilakukan langsung oleh Direktur Utama Bank BPD DIY, Bapak Santoso Rohmad kepada para wirausahawan muda di DI Yogyakarta Adanya fasilitasi tersebut, diharapkan dapat mempermudah akses modal wirausaha muda untuk terus mengembangkan usahanya.

Sinergi & Kolaborasi dalam Program Wirausaha Belia

Program wirausaha belia merupakan salah satu upaya BPD DIY untuk terus mendorong ekosistem kewirausahaan di DI Yogyakarta.

Untuk menumbuhkan wirausaha muda tersebut, BPD DIY menggandeng 8 perguruan tinggi di DI Yogyakarta, salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kerjasama yang terjalin dalam Program Wirausaha Belia akan dilaksanakan dengan model pentahelix yaitu saling bersinergi dan berkolaborasi antara pemerintah, BUMD, akademisi, pelaku usaha, masyarakat, dan media massa.

Pada acara tersebut dilakukan pendandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Program Wirausaha Belia dan penyerahan secara simbolis CSR Fasilitas Pojok UMKM senilai 10 juta rupiah. Penyerahan dilakukan oleh Direktur Utama Bank BPD DIY, Bapak Santoso Rohmad kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang diwakili oleh Dr. Siti Nur Aisyah (Kepala Divisi Startup and Business Incubator UMY).

Adanya kerja sama ini diharapkan dapat menciptakan wirausaha-wirausaha muda yang nantinya dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan baru sehingga dapat menjadi penggerak perekonomian di Indonesia. (ysc)

Event Terdekat
Post Terbaru

SEBI Gelar Kick Off P2MW…

20 Tim Peserta Inkubasi Resmi…

Open chat
1
Sebi UMY
Hello?
Ada ide apa hari ini?