Bidik Penguatan Layanan Inkubator Bisnis, SEBI Lakukan Kunjungan ke Inkubator Bisnis LPPM Universitas Udayana Bali

20231114_122023x

Divisi  Startup and Business Incubator (SEBI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta lakukan audiensi dengan Inkubator Bisnis Udayana Bali di Ruang Kelas Fakultas Kedokteran Gedung Cakra Vidya Usadha Universitas Udayana Bali pada 14 November 2023.

Audiensi dipimpin oleh Puthut Ardianto, S.Pd., M.Pd. (Head of Career Development Center UMY), Farid Ramadhani Marhaban (Program Coordinator SEBI UMY), Aulia Achmad Ma’rufianto (General Finance Officer SEBI UMY) dan Yossica Ariatami Edwina (Sosial Media Specialist).

Audiensi tersebut diterima langsung oleh Ketua Inkubator Bisnis Dr. drh. Desak Nyoman Dewi Indira Laksmi, M.Biomed, Manajer Inkubator Bisnis Dr. A.A. Sri Mahyuni, S.E., M.Agb., dan Staf Administrasi Innkubator Bisnis Ni Putu Yayuk Puspita Yanti, S.E.

Dalam kunjungan tersebut dibicarakan tentang upaya peningkatan pelayanan inkubator dan inkubasi bisnis, pengelolaan program Wirausaha Merdeka (WMK), serta pengelolaan alumni inkubasi bisnis.

Dalam kunjungan ini disampaikan juga bahwa peran SEBI adalah sebagai inkubator bisnis untuk menciptakan dan membentuk startup yang berintelektual, profesional, profitable, dan sustainable. Sejak tahun 2020 sampai dengan 2023, SEBI berhasil menciptakan 100 lebih startup mahasiswa dari berbagai bidang bisnis seperti makanan dan minuman, industri kreatif, jasa dan perdagangan, dan bisnis digital. Sementara itu disampaikan, beberapa tenant SEBI mendapatkan pendanaan hibah puluhan hingga ratusan juta.

Dalam sesi diskusi, Farid menginginkan startup mahasiswa UMY dapat mengkomersialkan produk dan menghubungkan potensi dengan industri yang ada di Yogyakarta. Selain itu, mahasiswa wirausaha yang dibimbing oleh inkubator wajib dipertemukan dengan pelaku usaha (pemerintah, industri, atau perorangan) serta bekerja sama dengan pemangku kepentingan yang menyelenggarakan pameran usaha guna meningkatkan pendapatan & pemasaran.

Tentang Inkubator Bisnis LPPM Udayana Bali

Inkubator Bisnis LPPM Udayana merupakan pusat inkubasi bisnis untuk tenant-tenant LPDP-KUMKM dan didirikan untuk mewujudkan proses komersialisasi produk inovasi hasil penelitian di Universitas Udayana maupun di masyarakat sehingga dapat mendorong lahirnya perusahaan pemula berbasis teknologi dalam meningkatkan income generating ke pendapatan Universitas Udayana.

Inkubator Bisnis melibatkan akademisi internal Universitas Udayana dengan berbagai kompetensi yang dibutuhkan dalam melakukan pembinaan terhadap UMKM

Puthut menyampaikan harapan kunjungan tersebut yaitu SEBI dapat meningkatkan pelayanan inkubator dan fasilitas inkubasi bisnis bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha. (ysc)

Event Terdekat
Post Terbaru

SEBI Gelar Kick Off P2MW…

20 Tim Peserta Inkubasi Resmi…

Open chat
1
Sebi UMY
Hello?
Ada ide apa hari ini?