Workshop Finance: “From Ideas to Feeds: Crafting Engaging Content”

20230923_115809

Aspek finansial sendiri menjadi topik yang sangat krusial dalam membangun startup. Hal ini dapat menyokong kegiatan produksi, pemasaran, pembiayaan, investasi, dan kemitraan dalam pengembangan bisnis.

Divisi Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan atau yang dikenal Startup and Business Incubator (SEBI) memberikan kesempatan bagi mahasiswa wirausaha mengikuti Workshop Finance yang diadakan di Ruang Sidang Utama Gedung AR Fachruddin A Lantai 5 Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada hari Sabtu, 23 September 2023.

Workshop ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan softskill dan hardskill mahasiswa wirausaha dalam memahami fungsi dan alat analisis keuangan, metode pencatatan keuangan berbasis teknologi, serta cara menyusun laporan keuangan. Namun, tidak hanya itu, dalam workshop ini disampaikan tentang fungsi dan esensi alat analisis keuangan, metode pencatatan berbasis teknologi, dan aspek kesehatan finansial startup.

Workshop ini dibuka dan disambut oleh Dr. Siti Nur Aisyah, S.P. (Head of Startup and Business Incubator). Dalam sambutannya, Siti menyampaikan bahwa laporan keuangan dalam bisnis penting ditonjolkan agar mudah dalam melakukan investasi atau kemitraan dari pebinis lain.

Kegiatan bertajuk “Numbers to Strategy: Deep Dive into Cash Flow, Income Statement, and Balance Sheet” berlangsung secara offline serta diikuti sekitar 40 mahasiswa wirausaha yang lolos pendaan pada program pendanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek).

Workshop ini menghadirkan seorang pemateri yaitu Roy Baskoro (Chief Executive Officer Layanan UMKM Naik Kelas). Sesi materi ini menyampaikan tentang model pendekatan pengembangan kewirausahaan; pencatatan keuangan di Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK) Bank Indonesia; Proses penyusunan laporan keuangan sebagai proses akuntani; serta praktik menghitung neraca, laba rugi, dan arus kas.

Menurutnya, aspek kesehatan finansial startup adalah mempunyai laporan keuangan atau portofolio arus kas, laba rugi, dan neraca. Serta, fungsi dan esensi alat analisis keuangan adalah sebagai pembiayaan dan kemitraan dengan pebisnis lain. Selain itu, metode pencatatan berbasis digital dapat dilakukan dengan aplikasi atau website SIAPIK dari Bank Indonesia. (ysc)

Event Terdekat
Post Terbaru

SEBI Gelar Kick Off P2MW…

20 Tim Peserta Inkubasi Resmi…

Open chat
1
Sebi UMY
Hello?
Ada ide apa hari ini?