Mau Buat Bisnis Kamu Bertahan? Ketahui Tips Manajemen Keuangan Dasar!

IMG_1096x

Laporan keuangan menjadi kunci penting dalam berbisnis seperti perencanaan keuangan, pengambilan keputusan dalam menggunakan uang, dan pengawasan jalannya arus keuangan. Laporan keuangan sangat bermanfaat bagi pengembangan bisnis, pengambilan keputusan berdasarkan kondisi keuangan, kepercayaan investor, dan antisipasi kegagalan dalam bisnis. Hal ini dapat menghasilkan prinsip bisnis rintisan (startup) yang transparansi, akuntabilitas, dan pengelolaan. 
 
Oleh karena itu, Divisi Startup and Business Incubator (SEBI) menyelenggarakan Workshop Series #3 Finance dengan tema “Track Your Cashflow: Leveraging Financial Statements for Business Growth” di Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada hari Jum’at 23 Juni 2023.

 

Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk mendukung kompetensi mahasiswa secara utuh dan memberikan pengalaman implementatif Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Workshop ini dibuka sekaligus disambut oleh Kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) Dr. apt. Rifki Febriansah, S.Farm., M.Sc.. Workshop ini berlangsung secara offline serta diikuti sekitar 50 peserta mahasiswa berwirausaha dari Vessel Program, P2MW, dan pendampingan mahasiswa Beasiswa Full-Study UMY.

 

Workshop ini menghadirkan seorang representatif dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (re: GoTo) yaitu Rizqi Mulyantara HS selaku Program Trainer at Go Nusantara dan dipandu oleh Aulia Achmad Ma’rufianto selaku General Finance Officer SEBI. 

 

Go Nusantara merupakan program pemberdayaan UMKM Lewat Go Nusantara (Gerakan Online Usaha Kecil Menengah Pintar dan Andal). 

Pentingnya Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan penting disusun oleh startup karena perencanaan keuangan yang baik akan menjaga arus kas (cash flow) usaha agar positif secara profil bisnis dan kesehatan bisnis. Selain itu, menurut Rizqi, laporan keuangan sangat penting dalam startup karena sangat diperlukan dalam proses pengajuan legalitas, investments offer, budgeting, dan lainnya.

 

Ada lima proses dalam merencanakan keuangan yaitu (1) mengevaluasi kondisi keuangan saat ini; (2) menyusun tujuan perusahaan kedepan; (3) menyusun perencanaan keuangan usaha; (4) melaksanakan/mengelola keuangan usaha; dan (5) melakukan review secara berkala dan melakukan perbaikan.

 

Setelah perencanaan keuangan dapat mencari pendanaan, investasi, dan deviden/keuntungan. Sehingga, perencanaan keuangan usaha dapat menjaga usaha tetap stabil serta perangkat yang dapat mendukung perencanaan menggunakan buku kas dan laporan keuangan. Namun, jangan melewatkan review/monitoring usaha secara berkala. 

Strategi yang ada dalam lingkup keuangan usaha

Berbicara strategi, Rizqi mengungkapkan bahwa strategi yang tepat dalam proses perencanaan keuangan adalah

 

Satu, selalu mengetahui kondisi keuangan saat ini. Hal ini termasuk dalam mengetahui kondisi pendapatan, pengeluaran, tanggungan, aset, hutang, piutang, inventori, dan kewajiban jangka pendek dan jangka panjang. Selalu memisahkan uang pribadi dan uang usaha!

 

Dua, menyusun tujuan perusahaan. Hal ini termasuk membuat catatan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek seperti rekrutmen keuangan, target profit, serta jangka panjang seperti investasi standbooth, sewa outlet, dan lainnya. Selain itu, tujuan keuangan dapat berperan untuk memotivasi keberlangsungan usaha yang dirancang sebagai target bisni dengan acuan SMART. Buatlah catatan tujuan yang ingin dicapai!

 

Tiga, menyusun perencanaan keuangan usaha. Hal ini dengan mencatat komponen yang termasuk dalam pendapatan, fixed cost, dan variable cost.

 

Empat, mengelola keuangan usaha. Hal ini dilakukan dengan menyiapkan dana yang tepat dalam waktu yang sesuai dengan rencana misalnya menyiapkan biaya pembelian stok, operasional, pameran, dan laba. Mengelola keuangan dapat menggunakan buku arus kas dan laporan laba rugi.

 

Lima, melakukan review keuangan usaha. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisa keuntungan dan kerugian. Strategi yang dapat dilakukan ketika kondisi bisnis dalam keadaan rugi yaitu meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya, serta alokasi rasio laba & biaya dari pendapatan. Sebaliknya, atur target bisnis selanjutnya jika bisnis dalam keadaan untung. (Yossica)

Gunakan GoBiz Agar Lebih Terintegrasi!

Gojek berkomitmen untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia melalui ekosistem belajar yang terintegrasi dan bisa diakses semua kalangan termasuk startup. Dengan produk GoBiz, Anda bisa mendapatkan aplikasi inklusif dalam satu aplikasi!

 

GoBiz dapat menjadi aplikasi untuk konsumen sehari-hari, aplikasi untuk mitra driver, dan aplikasi untuk mitra usaha. Ada tiga layanan utama yang ditawarkan GoBiz yaitu pesan antar melalui GoFood, pembayaran non tunai melalui GoPay, dan pencatatan keuangan untuk operasional bisnis melalui GoKasir.

 

Yuk gabung GoBiz! 

#gojekindonesia #tokopediaindonesia #gojektokopediaindonesia #gobiz #GoToFinance

Event Terdekat
Post Terbaru

SEBI Gelar Kick Off P2MW…

20 Tim Peserta Inkubasi Resmi…

Open chat
1
Sebi UMY
Hello?
Ada ide apa hari ini?