Dua Startup Mahasiswa Lolos Top 10 Finalist The Gade Sociopreneurship Challenge PT Pegadaian Indonesia

Cuplikan layar 2023-02-02 160329

Dua startup mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) lolos menjadi Finalis Top 10 kompetisi The Gade Sociopreneurship Challenge PT Pegadaian Indonesia. Dua startup tersebut lolos menjadi finalis kategori startup sosial adalah INOFARM dan Inclue Indonesia. Kabar baik ini disampaikan dalam Instagram resmi The Gade Sociopreneurship Challenge PT Pegadaian Indonesia (TGSChallenge) @tgschallenge tanggal Kamis, 26 Januari 2023. 

 

INOFARM dan Inclue Indonesia berhasil mengalahkan 780 peserta Mahasiswa seluruh Indonesia dalam kompetisi ini.

Pada presentasinya, INOFARM merupakan startup yang mengintegrasikan bidang pertanian, peternakan, dan perikanan dengan memanfaatkan bioconversion untuk mengolah sampah organik. Sistem integrasi di Inofarm antara ayam sehat Kampung Unggul Balikbangtan (KUB) dengan maggot Black Soldier Fly (BSF).  

 

Dengan budidaya maggot BSF, Inofarm mampu menyerap limbah organik dari mitra di beberapa tempat. Sistem pertanian hidroponik sejauh ini juga mampu menjawab problematika lahan yang sempit di perkotaan. Inofarm menjadi salah satu solusi untuk menciptakan perusahaan agroindustri ramah lingkungan yang berorientasi pada zero waste (organic) dan ekonomi sehingga terwujudnya hasil produksi yang sehat dan aman. 

 

Inofarm terdiri dari Afifah Febriyanti (S1 Agroteknologi – 2019), Firman Priyoga (S1 Agribisnis – 2019), dan Dwito Mufti Agung ( S1 Agribisnis 2019).

Selanjutnya, pada presentasinya Inclue Indonesia menyampaikan bahwa startup mereka adalah startup yang bergerak di bidang Jasa dan Perdagangan yang berbasis pada sebuah program pemberdaayaan teman- teman Difabel khususnya dalam meningkatkan kemandirian ekonomi.

 

Inclue mengusung konsep inklusi yang bermakna keberagaman. Inclue menjawa 3 isu umum Difabel di Indonesia yaitu Persoalan Pendataan, Kelayakan Kerja, dan Diskriminasi atau Stigma yang buruk. Target utama pemberian pemberdayaan adalah yayasan difabel yang ada di Indonesia guna keberlangsungan hidup teman- teman difabel.

 

Inclue Indonesia terdiri dari Natasya Dwi Nurmalita (S1 Ilmu Pemerintahan – 2019), Aufi Fauziyyah Dalillah HFB ( S1 Teknik Elektro – 2020), dan Rafi Saifullah Satria Utama (S1 Teknologi Informasi – 2020).(Yossica) 

Event Terdekat
Post Terbaru

SEBI Gelar Kick Off P2MW…

20 Tim Peserta Inkubasi Resmi…

Open chat
1
Sebi UMY
Hello?
Ada ide apa hari ini?