Vessel Camp II : Final Report dan Financial Report Vessel Program

Thumbnail Website

Dalam rangka penyusunan laporan akhir kegiatan dan laporan keuangan peserta Vessel Program, Divisi SEBI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Vessel Camp II : Refine Your Business Image di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada hari Jum’at 28 Oktober 2022.

 

Acara ini dihadiri oleh 15 kelompok dan 40 orang mahasiswa dari peserta Vessel Program dengan berbagai kategori seperti food and beverage, produksi dan budidaya, serta aplikasi.

 

Kegiatan ini diselenggarakan bagi peserta Vessel Program, yang mana sebelumnya telah menempuh 4 (empat) tahapan program yaitu Design Thinking; Segmenting, Targeting, and Positioning; Budget Planning, dan Prototyping. Kegiatan ini merupakan tahapan akhir sebelum pada akhirnya mempresentasikan produk masing-masing startup. 

Dalam sambutannya, Dr. Siti Nur Aisyah, S.P., selaku Kepala Divisi Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan UMY, mengatakan bahwa harapannya melalui acara ini, para peserta mendapat arahan dalam kelengkapan profil usaha, sehingga dapat didokumentasikan dalam sebuah buku profil wirausaha mahasiswa.

 

Selain itu, acara Workshop ini menghadirkan 2 (dua) Mentor Bisnis yaitu Farid Ramadhani Marhaban, S.E., dan Aulia Achmad Ma’rufianto, S.E., sekaligus memberikan arahan teknis pengisian laporan akhir dan laporan keuangan.

 

Terdapat 6 (enam) aspek yang wajib diisi dalam laporan akhir yaitu latar belakang masalah, deskripsi usaha & produk, metode pelaksanaan, hasil yang dicapai, kesimpulan dan saran, serta lampiran kegiatan. Selain itu, terdapat 2 (dua) laporan keuangan yang wajib diisi tiap kelompok yaitu laporan penggunaan dana keseluruhan dan cash-flow. 

Vessel Program merupakan rangkaian kegiatan pembentukan dan pendampingan bisnis yang diadakan oleh SEBI UMY dengan tujuan melahirkan sebuah startup yang mampu menjadi solusi permasalahan di masyarakat dan bisnis yang berkelanjutan.


Mahasiswa diharapkan mengisi laporan akhir dengan fokus pada pendeskripsian usaha dengan detail seperti segi pemasaran, segi produksi, dan segi profil usaha. Sedangkan, pada laporan keuangan wajib tercatat tiap pengeluaran dari dana yang telah diberikan oleh SEBI untuk pengembangan usaha. Laporan akhir ini menentukan mahasiswa untuk kelulusan program kewirausahaan dari SEBI UMY. (Yossica) 

Event Terdekat
Post Terbaru

SEBI Gelar Kick Off P2MW…

20 Tim Peserta Inkubasi Resmi…

Open chat
1
Sebi UMY
Hello?
Ada ide apa hari ini?