Hebat! Mahasiswa UMY Bikin Pesawat Tanpa Awak, Daya Jelajahnya 28 Km

Thumbnail Website

Tim startup mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Aero Fun Research Tech mampu menciptakan pesawat Unmaned Aerial Vehicle (UAV) atau pesawat tanpa awak. Tim tersebut pun mendapat pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Ketua tim startup mahasiswa UMY Aero Fun Research Tech, Fallah Alfrido Firmansyah, mengatakan awal mula timnya mencoba membuat UAV karena di Indonesia belum ada pihak yang melakukannya dalam skala besar. Produk UAV di Indonesia saat ini rata-rata buatan luar negeri.

“Dan belum ada perusahaan atau developer lokal yang memproduksi ini secara masif, sedangkan SDM di Indonesia ini sangat mendukung dan siap,” kata Fallah kepada wartawan di Bantul, Senin (8/8/2022).

“Melihat hal tersebut, kami berinisiatif membuat UAV yang kualitasnya sama dengan luar negeri. Kami ingin bilang ini lho buatan orang Indonesia yang nggak kalah dengan orang luar,” lanjut Fallah.

Fallah menjelaskan, pengerjaan satu unit pesawat tanpa awak tersebut memakan waktu 35-40 hari. Pembuatan pesawat melibatkan beberapa mahasiswa yakni Syaif Ambiya mahasiswa Teknik Mesin tahun 2019, Mentari mahasiswi Farmasi tahun 2019, Siti Halimatussa’diyah mahasiswi Farmasi tahun 2019, dan Putri Hanifah Anggraeni mahasiswi Manajemen tahun 2020.

Disebutnya, pesawat buatan timnya ini memiliki harga murah tetapi berkualitas tinggi, dan sebanding dengan UAV buatan luar negeri. Bahan baku pembuatan pesawat disebutnya setara dengan yang digunakan perusahaan pembuat UAV pada umumnya.

“Berat pesawat ini adalah 4,7 kilogram dengan kemampuan mengangkat beban hingga 500-800 gram. Untuk panjangnya 2 meter dan mampu terbang di ketinggian 350 meter dengan durasi satu jam,” ucapnya.

“Dan kami juga menggunakan material karbon kevlar, ini merupakan material yang istimewa karena lebih ringan tetapi lebih kuat dari baja juga anti api. Umumnya material ini digunakan oleh perusahaan besar pembuat UAV,” lanjut Fallah.

Sedangkan ketahanan jelajah pesawat tersebut, Fallah menyebut mampu menjelajah 28 kilometer.

“Lalu untuk endurance (daya tahan) jelajahnya 28 kilometer ditempuh dengan waktu 28 menit. Selain itu, dalam mengendalikan pesawat UAV kami juga tetap memperhatikan regulasi yang dibuat oleh Aircraft Indonesia,” ujarnya.

 

Tak hanya itu, Fallah menyebut UAV buatan timnya tidak hanya bisa digunakan untuk menjelajahi satu sektor saja. Namun, bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh banyak sektor atau bidang.

“Pesawat ini tak hanya bisa dimanfaatkan untuk satu sektor saja, misalnya dalam sektor kesehatan pesawat ini bisa digunakan untuk mengirim obat-obatan ke lokasi tertentu yang tidak bisa dijangkau menggunakan kendaraan darat. Pesawat ini juga bisa digunakan untuk memantau evakuasi korban bencana atau memonitori para korban bencana untuk lokasi tertentu juga,” ujarnya.

Fallah pun berencana menggandeng instansi-instansi di Indonesia yang membutuhkan unit pesawat UAV. Hal itu agar sebagai pembuktian bahwa produk pesawat UAV buatan Indonesia tidak kalau saing dengan buatan luar negeri.

“Ke depannya sasaran kami adalah instansi-instansi yang ada di Indonesia, kami akan menggandeng instansi yang membutuhkan unit UAV. Ini loh ada produk lokal jadi tidak perlu jauh-jauh pesan ke luar negeri,” ujarnya.

Hal itu berkaca dari salah satu instansi di Jawa Tengah yang memesan satu unit pesawat UA buatan timnya.

“Dan saat ini kami juga sudah dilirik oleh salah satu instansi di Semarang, mereka memesan 1 unit pesawat UAV buatan kami,” katanya.

Tak hanya itu, Tim Aero Fun Research Tech UMY juga mendapatkan pendanaan Program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM) 2022 yang diumumkan pada Selasa (2/8). Program tersebut merupakan program unggulan untuk mengasah kreativitas dan inovasi mahasiswa yang diadakan oleh Kemendikbudristek.

Sourcehttps://www.detik.com/jateng/jogja/d-6223377/hebat-mahasiswa-umy-bikin-pesawat-tanpa-awak-daya-jelajahnya-28-km/2

Event Terdekat
Post Terbaru

SEBI Gelar Kick Off P2MW…

20 Tim Peserta Inkubasi Resmi…

Open chat
1
Sebi UMY
Hello?
Ada ide apa hari ini?